Senin, 24 Oktober 2011

Sistem Pernapasan

Bernapas merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Istilah pernapasan sering disamaartikan dengan istilah respirasi, walaupun sebenarnya kedua istilah tersebut secara harfiah berbeda. Bernapas berarti menghirup dan menghembuskan napas. Saat bernapas, kita memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan luar. Sedangkan respirasi berarti suatu proses pembakaran (oksidasi) senyawa organic ( bahan makanan ) di dalam sel untuk memperoleh energy.
          System pernasan pada manusia merupakan system pernapasan yang paling kompleks di banding organism lainnya. Di dalam mempelajari system pernapasan, khususnya pada tubuh manusia akan membicarakan beberapa hal penting, yakni struktur dan fungsi alat-alat pernapasan, proses atau mekanisme pernapasan, proses respirasi internal atau respirasi di dalam sel-sel tubuh, dan penyakit yang mungkin menyerang system pernapasan.
          Pada hewan-hewan tingkat tinggi, termasuk manusia, terdapat alat untuk proses pernapsan, yakni berupa paru-paru, insang, atau trakea. Sementara pada hewan-hewan tingkat rendah dan tumbuhan, proses pertukaran udara tersebut dilakukan secara langsung dengan difusi melalui permukaan sel-sel tubuhnya. Dari alat pernapasan, oksigen masih harus diangkut oleh darah atau cairan tubuh ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan. Selanjutnya oksigen tersebut akan dimanfaatkan untuk oksidasi di dalam sel guna menghasilkan energy.
          Respirasi bertujuan untuk menghasilkan energi. Energi hasil respirasi tersebut sangat diperlukan untuk aktivitas hidup, seperti mengatur suhu tubuh, pergerakan, pertumbuhan,dan reproduksi. Jadi, kegiatan pernapasan dan respirasi terebut saling berhubungan karena pada proses pernapasan dimasukkan udara dari luar kemudian oksigen tersebut digunakan untuk proses pernapasan guna memperoeh energy. Selanjutnya sisa respirasi berupa gas karbondioksida dikeluarkan melalui proses pernapasan. Oleh karena hewan-hewan tingkat rendah dan tumbuhan tidak memiliki alat pernapasan khusus sehingga oksigen dapat langsung masuk dengan cara difusi, maka sering kali istilah pernapasan disamakan dengan istilah respirasi. Dengan demikian perbedaan kedua istilah itu tidak mutlak.
Setiap kali kita bernapas akan terjadi peristiwa pemasukkan oksigen dan pengeluaran karbondioksida. Udara masuk ke dalam paru-paru setelah melalui alat pernapasan yang terdiri atas rongga hidung, pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok (Ttrakea) cabang tenggorok (bronkus), dan Paru-paru ( pulmo). 

Mau lebih lengkap mengenai materinya download disini 



Previous Post
Next Post

0 komentar: